Entri Populer

Rabu, 13 Oktober 2010

PERKEMBANGBIAKAN PADA HEWAN



Setiap makhluk hidup berkembang biak untuk mempertahankan keturunannya. misalnya burung, Mula-mula burung dua ekor, yaitu burung jantan dan betina. Kemudian, burung betina bertelur. Setelah dierami, telurnya menetas dan lahirlah anak-anak burung. Sekarang, burung tersebut menjadi banyak. Hewan dapat tertambah jumlahnya dengan cara barkembang biak. Pada hewan tingkat tinggi, seperti pada ayam dan kambing, perkembangbiakannya dilakukan secara kawin (seksual), sedangkan pada hewan tingkat rendah dilakukan secara kawin dan tidak kawin. Perkembangbiakan pada hewan terbagi menjadi dua. Secara Generatif dan secara vegetative.
1. perkembangbiakan generatif (seksual) hewan
Perkembangbiakan pada hewan terjadi secara kawin (generatif) yang diawali dengan pembuahan. Pembuahan terjadi jika sel kelamin betina (sel telur) dan sel kelamin jantan (spermatozoid) berbaur (bersatu). Hasil pembuahan ini disebut zigot. Zigot tumbuh menjadi embrio (janin). Embrio inilah kelak menjadi keturunan baru. Cara perkembangbiakan hewan ada beberapa cara, di antaranya dengan cara melahirkan (vivipar), bertelur (ovipar), dan bertelur melahirkan (ovovivipar), serta ada yang berkembangbiak dengan cara membelah diri
Perkembangbiakan secara generative pada hewan juga ditandai dengan adanya peristiwa pembuahan. Hasil dari pembuhan adalah zigot yang kemudian tumbuh menjadi embrio. Ada dua macamcara pembuhan terhadap telur telur hewan, yaitu pembuahan dalam (internal) dan pembuahan luar (external). Pembuahan dalam terjadi di dalm tubuh betina. Misalnya burung, serangga. Pembuhan luar terjadi diluar tubuh betina, misalnya pada ikan mas.
a. Melahirkan (Vivipar)
Singa, kuda, kelinci, kambing, kerbau, dan sapi merupakan contoh hewan darat yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan yang hidup di air pun ada yang berkembang biak dengan cara melahirkan, seperti paus dan anjing laut.
Pada hewan ini, emberio akan tumbuh sampai menjadi individu baru (anak) dalam induk betina, tepatnya didalam rahim, emberio mendapatkan makanan dari induknya. Cirri cirri hewan yang berkembang biak dengan cara beranak adalah :
·         Berdarah panas
·         Memiliki dahun telinga dan kelenjar susu.
·         Mengasuh anaknya


 


b. Bertelur (Ovipar)
Berdasarkan tempat terjadinya pembuahan, hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dikelompokan menjadi dua jenis, yaitu:
·         Hewan bertelur yang pembuahannya terjadi di dalam tubuh hewan betina.
·         Hewan bertelur yang pembuahannya terjadi di luar tubuh betina.
Pada hewan ini, emberio akan tumbuh menjadi individu baru (anak) diluar tubuh induk, yaitu di dalm telur. Selama pertumbuhan sampai menjadi individu baru, emberio tersebut mendapatkan makanan dari cadangan makanan dari dalam telur. Ciri ciri hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar adalah :
·         Berdarah panas
·         Berbulu tebal
·         Tidak memiliki daun telinga
·         Mengasuh anaknya
Contoh hewan yang berkembang biak degan cara ovipar adalah ayam, katak, dan ikan.





c. Melahirkan dan Bertelur (Ovovivipar)
Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan juga melahirkan di antaranya: ular, ikan hiu, dan kadal. Pembuahannya terjadi di dalam tubuh hewan betina. Setelah terjadi pembuahan, di dalam tubuh hewan betina akan terbentuk telur. Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur tersebut. Proses ini di namakan kehamilan. Setelah embrio tumbuh dengan sempurna di dalam telur, induk mengeluarkannya sebagai keturunan baru. Kadang-kadang, anak yang dikeluarkan masih terbungkus dalam cangkang telur. Ciri ciri hewan yang ovovivipar adalah :
·         Berdarah dingin
·         Tidak memiliki daun telinga


d. Membelah Diri
Hewan yang bersel tunggal berkembang biak dengan cara membelah diri, tidak dengan cara kawin. Contohnya, amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Pembelahan pertama kali tejadi pada inti sel, kemudian bagian tubuh lain ikut membelah. Pembelahan ini menghasilkan dua sel yang kembar. Tiap sel hasil pembelahan menjadi individu baru yang dapat tumbuh dan berkembang biak.
Selain amoeba, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara pemisahan bagian tubuh, contohnya bintang laut. Bila bintang laut dibelah menjadi dua bagian, maka tiap bagian tubuhnya itu dapat tumbuh menjadi individu baru. Cara perkembangbiakan dengan pemisahan bagian tubuh ini dinamakan fragmentasi.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar